Struktur Organisasi RSUD Landak

Struktur Organisasi RSUD Landak

Rumah Sakit Umum Daerah Landak adalah Lembaga Teknis Daerah yang setara dengan bentuk kantor dan merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah yang berada dibawah serta tanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Dasar Hukum pembentukan RSUD Landak yang sudah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Kelas C sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Landak adalah Peraturan Daerah Nomor 65 Tahun 2015 tentang Tugas Pokok, Fungsi, Struktur Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Landak.

RSUD Landak dipimpin seorang Direktur yang mewadahi Satuan Pengawas Internal (SPI), Komite Medik, Komite Keperawatan dan satu Bagian Tata Usaha yang membawahi Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, dan Sub Bagian Keuangan dan Aset. Direktur juga membawahi 3 (tiga) Bidang yakni Bidang Penunjang Medik, Bidang Pelayanan Medik dan Bidang Keperawatan dimana masing – masing Bidang tersebut membawahi Kepala – kepala seksi.

Bidang Penunjang Medik membawahi Seksi Penunjang Medik dan Seksi Penunjang Non Medik, Bidang Pelayanan Medik membawahi Seksi Pelayanan Medik dan Kepala Seksi, sedangkan Bidang Keperawatan membawahi Seksi Asuhan Keperawatan (ASKEP) dan Seksi SDM & Mutu Keperawatan.

Adapun tugas, pokok dan fungsi dari jabatan – jabatan struktur tersebut, antara lain :

  1. Direktur mempunyai tugas memimpin pelaksanaan tugas Rumah Sakit, melaksanakan urusan pemerintahan daerah, membina, mengkoordinasi, menyelenggarakan, mengevaluasi, mengawasi dan mengendalikan kegiatan Rumah Sakit berdasarkan kebijakan Bupati dan Peraturan perundang – undangan yang berlaku agar terlaksana secara efektif dan efisien.
  2. Bagian Tata Usaha mempunyai tugas membantu Direktur memimpin ketatausahaan dan pembinaan administrasi Rumah Sakit, penyusunan rencana kegiatan, perencanaan dan penyelenggaran kegiatan ketatausahaan, pengamanan Rumah Sakit, pengkoordinasi, penyusunan kinerja Instansi Pemerintah, Rencana Strategis Rumah Sakit, kegiatan tahunan.
  3. Sub. Bagian Umum & Rumah Tangga mempunyai tugas mengelola administrasi umum dan kepegawaian, melaksanakan urusan administrasi kepegawaian, menyusun, menyiapkan, mengevaluasi dan melaporkan absensi pegawai, mempersiapkan urusan DIKLAT pegawai dan kebutuhan pegawaian, perencanaan, perlengkapan umum, rumah tangga dan ketatausahaan lainnya.
  4. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas mengkoordinasi penyusunan RENSTRA, RSB, penyusunan program kerja dan kegiatan dengan bidang terkait, Pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi kegiatan seksi, membuat laporan hasil kegiatan kepada atasan sebagai bahan informasi.
  5. Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai tugas menyiapkan, menyusun, mengkoordinasi anggaran pendapatan belanja Rumah Sakit, RKA, RBA, DPA, memantau, mengevaluasi pelaksanaan anggaran Rumah Sakit, mengkoordinasi pertanggungjawaban bendahara, pembayaran, pelaporan pajak, keuangan APBD dan BLUD, menyusun laporan anggaran rutin, mendata aset, mengawasi pengendalian dan pemeliharaan aset.
  6. Bidang Pelayanan Medik mempunyai tugas menyelenggarakan dan koordinasi kegiatan pelayanan medik, penunjang medik dan keperawatan, merencanakan dan menyusun serta melaksanakan pendidikan dan pelatihan, membimbing pelaksanaan etika dan mutu pelayanan medis, penujang medis dan keperawatan.
  7. Seksi Pelayanan Medik mempunyai tugas menyusun, mengkoordinasi program kerja, kegiatan serta mutu pelayanan medik, merumuskan, menyelenggarakan, membina dan mengarahkan kegiatan dibidang pelayanan medik seperti rawat jalan, rawat inap, rawat intensif, rawat darurat, tindakan medik, menganalisis kebutuhan tenaga medik.
  8. Seksi Pelayanan Keperawatan dan Pengendalian Mutu mempunyai tugas menyiapkan usulan, program peningkatan, pengembangan, pembinaan mutu asuhan keperawatan, mengkoordinasi pelayanan keperawatan dan kebidanan di Instalasi rawat jalan, rawat inap, rawat intensif, tindakan medik, rawat darurat, ICU, OK dan penunjang lainnya, merumuskan kegiatan
    dibidang rekam medis, SIRS, menyusun SOP pelayanan keperawatan, pengembangan staf, mengawasi kegiatan yang berhubungan dengan keperawatan dan mengkoordinasi supervisor jaga.
  9. Bidang Penunjang Medik mempunyai tugas mengkoordinasi dan memfasilitasi pelayanan penunjang medik dan non medik, mengawasi penggunaan sarana penunjang medik dan penunjang non medik serta pemeliharaan, melakukan pengendalian dan pengawasan serta pelaporan instalasi
  10. Seksi Penunjang Medik mempunyai tugas memantau, mengawasi penggunaan fasilitas kesehatan, penilaian pelayanan fasilitas, membimbing, mengarahkan bawahan dalam pelaksanaan tugas, memantau, mengevaluasi kegiatan yang berhubungan dengan penunjang medik.
  11. Seksi Penunjang Non Medik mempunyai tugas menyusun, melaksanakan program penunjang non medik,membimbing, mengarahkan dan menilai bawahan dalam melaksanakan tugas, menyusun kebutuhan sarana dan prasarana medik dan non medik, merencanakan pengadan peralatan medik dan non medik.
  12. Bidang Keperawatan mempunyai tugas Membantu Direktur dalam penyelenggaraan manajemen keperawatan rumah sakit, Bertanggungjawab dalam segala aspek yang terjadi dalam penyelenggaraan pelayanan keperawatan dan Merencanakan, melaksanakan, membina dan memantau semua kegiatan pelayanan keperawatan sesuai dengan Kode Etik Keperawatan, garis kebijakan rumah sakit dan peraturan lain yang dibuat dalam rangka mempertegas dan membantu tugas serta tanggungjawab masing-masing staf.
  13. Seksi Asuhan Keperawatan mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang keperawatan dalam hal perencanaan, merumuskan, mengkoordinasikan, mengevaluasi bidang keperawatan.
    n. Seksi SDM dan Mutu Keperawatan mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang keperawatan dalam hal mengkoordinasikan, pengawasan, pemantauan, pembinaan dan evaluasi Bidang Keperawatan.