HARI OBESITAS NASIONAL 2021

HARI OBESITAS NASIONAL 2021

Terlanjur Obesitas??? Begini Cara Mengatasinya

Obesitas adalah salah satu masalah pada tubuh yang dialami oleh jutaan orang yang ada di seluruh dunia. Orang yang mengalami obesitas bisanya memiliki tubuh yang terlalu besar akibat lemak yang menumpuk. Lemak ini berasal dari kalori yang terlalu banyak dan akhirnya tubuh menyimpannya dalam bentuk lapisan lemak.

Sebenarnya lemak di dalam tubuh juga memiliki fungsi seperti mencegah kedinginan dan melindungi organ, namun jika sampai berlebihan juga menimbulkan banyak sekali efek samping pada tubuh. Oleh karena itu, kita disarankan untuk segera mengatasi obesitas agar tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Tips Mengatasi Obesitas :

  1. Konsumsi sayur dan buah minimal 5 porsi setiap harinya. Ikuti rencana makan sehat, dengan fokus pada makanan rendah kalori, makanan padat nutrisi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian
  2. Membatasi tidur yang berlebihan. Para peneliti dari Universitas Glasgow menemukan bahwa individu yang secara genetis cenderung mengalami kelebihan berat badan dan meningkatkan risiko obesitas jika mereka tidur lebih dari sembilan jam dalam semalam.
  3. Meningkatkan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Kita bisa melakukan Kegiatan fisik yang cukup intens termasuk berjalan cepat dan berenang. Berolahraga secara teratur berupa aktivitas intensitas sedang selama 150 hingga 300 menit seminggu juga dapat mencegah penambahan berat badan.
  4. Membatasi aktivitas, seperti menonton televisi, bermain komputer dan games. Proses menurunkan berat badan tidak mudah dan singkat, serta penerapan pola hidup sehat juga tidak boleh dijadikan sementara. Hal yang terpenting adalah memiliki pola pikir bahwa gaya hidup sehat harus dilakukan terus-menerus, bila berat badan menurun itu adalah bonus dari tubuh yang sehat.
  5. Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih. Hindari lemak jenuh dan batasi permen dan alkohol. Makan tiga kali sehari dengan camilan terbatas. Awasi dan pelajari makanan sehari-hari dan selalu berat badan secara teratur dan konsisten.

..

#PROMKES_RSUD_LANDAK

#TIM_PKRS_RSUD_LANDAK

https://doktersehat.com/cara-mengatasi-obesitas/

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4094360/pantasan-gendut-6-kebiasaan-ini-ternyata-diam-diam-bikin-gemuk

http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/tips-mengatasi-obesitas

0 Komentar

0012199
Hari ini : 61
Total Kunjungan : 12199
Hits Hari ini : 235

Kalender

Mei 2021
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31